9 Makanan dan Oleh-Oleh Khas Bekasi yang Wajib Anda Coba

Makanan khas Indonesia tidak boleh Anda lewatkan, yang salah satunya oleh-oleh makanan asal Bekasi. Bekasi adfalah salah satu kota di provinsi Jawa Barat, dan kota ini berkembang menjadi kaum urban dan sentral industri, dan kota Bekasi sering di sebut juga dengan kota pejuang.

Bekasi memiliki tempat wisata yang cukup banyak, sehingga wisatawan pun berbondong untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa di kota Bekasi. Selain banyaknya tempat wisata di Bekasi, kota ini juga memiliki makanan dan minuman yang khas dan istimewa.

Jika Anda berlibur ke kota Bekasi,  jangan lupa untuk mencoba oleh-oleh khas Bekasi, berikut oleh-oleh khas Bekasi yang wajib Anda coba:

  • Kue Dongkal

Kue dongkal memang terdengan asing sekaligus unik di telinga Anda, walaupun makanan ini terbuat dari bahan yang sederhana, namun makanan ini mempunyai rasa yang cukup manis dan gurih, kue dongkal terbuat dari tepung beras, gula jawa, gula pasir, yang ditaburi kelapa parut di atasnya yang menambah rasa gurih pada kue dongkal.

  • Kue Akar Kelapa

Makanan ini memang cocok diberi nama akar kelapa dilihat dari bentuknya yang menyerupai akar kelapa, makanan ini sudah sangat populer dikalangan warga Jawa Barat, dan semakin populer saat bulan puasa dan lebaran tiba, kue akar kelapa sangat cocok untuk disantap saat bersantai bersama keluarga, dan jangan lewatkan oleh-oleh yang satu ini jika berkunjung ke Bekasi.

  • Kembang Goyang

Dinamakan kembang gotang karena bentuknya seperti bungan dan cara membuatnya dengan cara di goyang-goyang saat menggorengnya, kue ini sering di jumpai saat waktu lebaran dan hari besar lainnya, jangan lewatkan oleh-oleh yang satu ini untuk buah tangan keluarga Anda.

  • Biji Ketapang

Kue ini diberi nama biji ketapang karena bentuknya seperti biji ketapang, pohon ketapang sering didapati di tepian jalan-jalan besar, dan mempunyai biji yang keras, biji ketapang terbuat dari tepung terugu, telur, mentega, dan juga gula. Biji ketapang memiliki rasa manis guri, renyah dan kriuk.

  • Bandeng Rorod

Ini salah satu makanan penggugah selera saat Anda berlibur di Bekasi, bandeng rorod tidak berduri karena durinya lunak, sehingga dapat dengan mudah menikmatinya. Dengan  harga terjangkau bandeng rorod sudah bisa Anda nikmati makanan khas Bekasi, terdapat rasa original dan pedas. Jika Anda berlibur ke Bekasi, Anda wajib mencoba makanan ini.

  • Telur Gabus

Jajanan ini terbuat dari tepung terigu, telur, keju, garam, dan penyedap rasa. Jajanan ini sangat populer dikalangan masyarakat, dan sangat membuat Anda tertagih.

  • Bir Pletok

Salah satu minuman khas yaitu bir pletok, minuman ini terbuat dari rempah-rempah yang dapat menghilangkan rasa pegal, masuk angin, dan menghangatkan badan. Walaupun bir, minuman ini tidak mengandung alkohol, dan sangat berkhasiat untuk tubuh kita.

  • Dodol

Dodol sanagt populer di Indonesian, tapi disetiap daerah memiliki rasa dan bentuk khasnya masing-masing. dodol sangat di minati oleh masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Bekasi. rasa manis dan kenyal yang sangat enak membuat siapapun yang memakannya ketagihan.

  • Kue Rangi

Kue rangi terbuat dari tepung sagu dengan parutan kelapa kasar, ditambah garam dan diaduk lalu dipanggang sampai mengering atau matang, dengan disiram gula merah cair, menambah rasa padfa kue rangi.

Itulah oleh-oleh khas Bekasi yang wajib Anda coba jika berkunjung atau berlibur ke Bekasi, dengan rasa yang enak dan pasti akan membuat Anda ingin mencobanya lagi dan lagi jika berkunjung kembali ke kota Bekasi.

 

Writer : Yeni Riyani – peserta magang bisnis online bersama PromoBekasi.com Batch 1

(Visited 14 times, 1 visits today)