You are here
Home > Info > Air Putih Bantu Sembuhkan 5 Penyakit Ini

Air Putih Bantu Sembuhkan 5 Penyakit Ini

sehat dengan aqua

Air putih merupakan pemenuh kebutuhan cairan dalam tubuh yang sangat penting dan terbaik. Faktanya 50% lebih tubuh manusia terdiri dari air. Tanpa adanya air termasuk dengan minum air putih, kita tidak dapat menjaga suhu tubuh normal, melumasi sendi, atau membuang zat tidak terpakai melalui keringat, urine, dan buang air besar [1].

Ada beragam minuman yang dapat dikonsumsi untuk mencukupi asupan cairan harian. Namun, jenis minuman yang paling baik dikonsumsi adalah air putih karena bebas kalori dan gula sehingga lebih menyehatkan [2].

Kebutuhan asupan cairan setiap orang berbeda-beda, tergantung usia, berat badan, penyakit, hingga iklim. Kebutuhan air pada bayi atau anak-anak dan lanjut usia tentunya lebih sedikit dibanding orang dewasa sehat. Normalnya, remaja dan dewasa sehat perlu minum air putih 8 gelas per hari atau dua liter [3].

Ada 5 penyakit yang bisa Anda cegah dan obati hanya dengan minum air putih loh! Berikut beberapa penyakit tersebut:

1. Dehidrasi
Ini merupakan penyakit yang paling sering timbul ketika kita kekurangan asupan cairan untuk tubuh. Untuk itu minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari dapat membantu mencegah dan mengatasi dehidrasi [4].

2. Sembelit
Apakah Anda kesulitan buang air besar? Apakah frekuensi Anda buang air besar kurang dari tiga kali dalam satu minggu? Itu merupakan tanda-tanda Anda terkena sembelit. Anda tidak perlu khawatir. Sembelit bisa diatasi dengan meningkatkan konsumsi air putih. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan konsumsi sayur dan buah-buahan [4].

3. Kram otot
Ketika berolahraga dan berkeringat tanpa mengganti cairan yang hilang adalah hal yang salah. Sebab, selain bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi, tubuh yang kekurangan cairan juga bisa mengalami kram otot.
Untuk membantu mengatasi sekaligus mencegah kondisi tersebut, Anda cukup meningkatkan porsi air putih yang dikonsumsi. Dari yang tadinya 8 gelas menjadi 9 atau 10 gelas dalam sehari [4].

4. Sakit kepala
Sebuah studi mengatakan bahwa air putih bisa mengurangi sakit kepala (tipe tension) pada orang-orang yang dehidrasi. Pada studi lain yang dipublikasikan di European Journal of Neurology, air putih dikatakan mampu mengurangi intensitas dan durasi sakit kepala [4].

5. Kulit kering
Sering terpapar sinar matahari, mandi terlalu lama atau berada di ruangan berpendingin bisa membuat kulit kehilangan kelembabannya. Alhasil, kulit akan tampak kering dan kusam. Tentunya ini akan membuat Anda pusing khususnya para wanita karena kulit merupakan salah satu sumber kecantikan.

Untuk mencegah sekaligus mengatasi masalah ini, cobalah untuk mencukupi kebutuhan air putih setiap hari [4].
Ternyata minum air putih juga ada waktu terbaiknya yaitu: [5]

● Minum satu atau dua gelas di pagi hari setelah bangun tidur
● Minum satu gelas sebelum mandi
● Minum satu gelas setengah jam sebelum makan
● Minum satu gelas ketika merasa lelah
● Minum lebih banyak sebelum dan setelah berolahraga
● Minum satu gelas sebelum tidur
● Minum lebih banyak ketika sakit

Jangan lupa juga Anda harus cermat dalam memilih sumber air putih yang akan Anda minum. Pilihlah air minum yang sudah terjamin kualitas, kandungan dan sumbernya. Salah memilih air yang akan diminum akan berdampak pada kesehatan Anda bahkan keluarga Anda.

sehat dengan aqua
Air minum yang tercemar dapat menimbulkan penyakit seperti diare dan keracunan. Sebab air minum tercemar, bisa jadi dalam prosesnya tidak bersih dan tidak sesuai dengan anjuran. Anda bisa memilih AQUA yang selama lebih dari 48 tahun mampu memproduksi air mineral berkualitas yang berasal dari proses alami. Untuk menjaga kualitasnya, AQUA langsung mengambil air dari sumber air pegunungan terpilih dengan melewati 400 uji kelayakan sebelum sampai ke konsumen [6].

Air mineral berkualitas tersedia untuk melindungi tubuh kita agar senantiasa sehat. Sumber air yang terlindungi akan melindungi kesehatan tubuh kita, sehingga dengan asupan mineral berkualitas untuk kesehatan tubuh dapat dengan mudah kita dapatkan melalui AQUA.
Tubuh sehat hanya dengan AQUA!

Source:
1. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/5-manfaat-rajin-minum-air-putih/

2. https://www.alodokter.com/jangan-remehkan-manfaat-air-putih
3. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/kebutuhan-air-pada-anak
4. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3630690/5-penyakit-ini-bisa-diatasi-dengan-minum-air-putih
5. https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/7-waktu-yang-tepat-untuk-minum-air-putih/
6. https://www.sehataqua.co.id/manfaat-minum-air-putih-bagi-kesehatan-tubuh/

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top