Fakta Cut Meutia dalam uang rupiah baru #CintaRupiah

Cinta Rupiah – Bangsa yang besar merupakan bangsa yang tak pernah melupakan jasa para pahlawannya. Kebijakan pemerintah menggunakan uang rupiah baru untuk memperkenalkan pahlawan nasioanal patut diberikan apresiasi. Kamu tentu sudah tau soal uang rupiah terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia. Ada 12 gambar tokoh pahlawan sejarah indonesia yang wajahnya diabadikan dalam pecahan uang baru resmi. Selain Pecahan uang 100 ribu rupiah yang tetap diisi oleh bapak proklamator Ir. Soekarno dan Bung Hatta.

Mereka berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, seperti Frans Kaisepo dari papua. Yang menariknya dari 12 gambar tokoh pahlawan yang ada di pecahan uang rupiah baru ada satu nama tokoh wanita. Ia adalah Cut Meutia yang wajahnya terdapat di uang rupiah baru pecahan 1000 rupiah.
Pahlawan wanita asal Aceh yang sepak terjangnya melawan penjajah Belanda tercatat sebagai salah dalam sejarah penting dalam perjuangan kemerdekaan negara kita. Nah, biar kamu nggak penasaran siapa sih sebenarnya Cut Meutia, yuk sebagai warga Indonesia, kita wajib bangga atas sepak terjang beliau melawan penjajah.

• Lahir di Aceh, watak kuat Cut Meutia merupakan turunan dari sang Ayah. Ayahnya yang tokoh pemimpin lokal juga tak mau tunduk pada Belanda
• Cut Meutia. Salah satu pahlawan wanita yang perjuangannya mampu membakar semangat juang rakyat Aceh. Terlahir di Pirak Aceh pada tahun 1870, Cut Meutia adalah satu-satunya anak perempuan dari pasangan Teuku Ben Daud Pirak dengan Cut Jah. Ayah Cut Nyak Meutia adalah salah satu tokoh pemimpin di wilayah Desa Pirak.
• Semasa kepemimpinan Teuku Ben Daud, wilayah Pirak menjadi salah satu wilayah paling aman di Aceh. Saat Belanda datang, Teuku Ben Daud adalah salah satu tokoh yang keras menolak untuk tunduk kepada Belanda. Sifat kerasnya mengispirasi banyak orang, terutama putrinya Cut Meutia. Dari sang Ayah, Cut Meutia belajar untuk menjadi sosok yang kuat dan tak mudah tunduk pada penjajah.

Itulah Data dan Fakta Cut Meutia salah satu Pahlawan yang ada dalam uang rupiah baru

 

gambar tribunnews

(Visited 7 times, 1 visits today)