Keempat Hal ini Memberikan Kekhasan pada Pondok Pesantren Yayasan Al Ma’soem!

Pondok Pesantren Yayasan Al Ma’soem adalah lembaga pendidikan yang terletak di Jalan Cipacing nomor 22. Pesantren yang berada di Sumedang ini telah berdiri sejak tahun 1986 dan didirikan oleh H. Maso’em. Beliau adalah sosok pendidik dan pengusaha yang terpandang di daerah ini dan memiliki latar belakang yang mulia saat mendirikan Pondok Pesantren Yayasan Al Ma’soem.

Latar belakang tersebut adalah karena H. Ma’soem ingin memberikan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, terkait dengan pembangunan Bandung Timur dan Jatinangor yang sangat pesat terkait dengan industri pendidikan, dan pemukiman, maka H. Ma’soem ingin membentengi anak-anak di sekitar kawasan tersebut dengan pendidikan yang baik.

H. Ma’soem ternyata sangat bersungguh-sungguh untuk memberikan yang terbaik pada Pondok Pesantren Yayasan Al Ma’soem. Yayasan yang memiliki jenjang pendidikan formal dan informal ini memiliki beberapa ciri khas yang tidak dimiliki oleh lembaga pendidikan lain. Kekhasan ini membut Yayasan Al Ma’soem menjadi salah satu lembaga pendidikan yang patut dipertimbangkan sebagai tempat mendidik anak-anak Anda.

Beberapa ciri khas yang dimiliki oleh Yayasan Al Ma’soem adalah sebagai berikut:

1. Seluruh civitas akademi di boarding school Yayasan Al Ma’soem memiliki porsi yang sama akan statusnya di hadapan peraturan kedisiplinan. Guru, siswa, pengelola, mahasiswa serta pengurus Yayasan Al Ma’soem akan dikenakan sanksi yang tegas, terukur dan konsisten bila terbukti melanggar kedisiplinan.
2. Pada masa orientasi siswa baru, boarding school Yayasan Al Ma’some mewajibkan calon siswanya untuk membaca syahadat serta melewati berbagai tes keagamaan.
3. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki porsi waktu yang lebih banyak dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Hal ini berarti bahwa Yayasan Al Ma’soem memang ingin menjadikan sekolahnya sebagai pembentuk karakteristik dan karakter mulia.
4. Salat Dzuhur secara berjamaah adalah salah satu komponen wajib yang harus dilakukan seluruh komponen Yayasan Al Ma’soem. Salat berjamaah, selain memiliki keutamaan dan pahala berkali lipat, juga bisa menumbuhkan rasa senang dalam beribadah serta disiplin.
5. Boarding school Yayasan Al Ma’soem secara rutin mengadakan kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) agar siswa mengenal dan terbiasa dengan hari-hari besar Islam.
6. Untuk kenaikan kelas, Yayasan Al Ma’soem memiliki tes kemandirian yang sangat khas yaitu untuk kelas VII ke VIII, siswa harus memahami ilmu tentang fikih serta mampu mengamalkan ibadah hingga tingkatan yang telah ditentukan. Sementara itu, untuk kenaikan kelas VIII ke kelas IX, siswa harus mampu membaca Alquran secara baik dan benar.

Sekolah Al masoem
Al Masoem Boarding School

Dari beberapa ciri khas di atas, terlihat bahwa Yayasan Al Ma’soem memiliki komitmen sebagai pesantren modern terbaik di wilayahnya. Selain ciri khas-ciri khas di atas, Yayasan Al Ma’some juga memiliki beberapa kebijakan istimewa, di antaranya adalah tidak mengenal istilah daftar ulang, kegiatan belajar mengajar langsung dilanjutkan setelah Ujian Tengah Semester (UTS) sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia, pergeseran hari libur saat ada hari raya nonIslam, libur selama puasa Ramadan, dan banyak lagi.

Seluruh ciri khas dan kebijakan istimewa di atas dibuat tentunya bukan dengan tiada maksud tertentu. Hal-hal di atas dibuat dalam rangka kemaslahatan seluruh civitas akademi di Pondok Pesantren Yayasan Al Ma’soem. Dan terbukti, kini Al Ma’soem merupakan salah satu boarding school yang terbaik yang dimiliki negeri ini dan menjadi salah satu alternatif terbaik bagi para orang tua dalam menyekolahkan anak-anak mereka. Info detail tentang yayasan Al Ma’soem bisa diklik www.almasoem.sch.id

(Visited 43 times, 1 visits today)