uang baru republik indonesia

Kenal Lebih Dalam Makna Uang Baru Tahun 2016

Makna uang baru tahun 2016 – Bank Indonesia telah menerbitkan uang rupiah tahun emisi 2016. Penerbitan uang rupiah baru NKRI dengan 11 uang jenis baru dan 12 gambar pahlawan nasional mengandung beberapa makna. Seperti dikatakan gubernur Bank Indonesia, Bapak Agus Martowardjojo dalam peluncuran 11 uang NKRI yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Makna uang rupiah baru emisi 2016 sesuai undang-undang mata uang nomor 7 tahun 2011 adalah :

1. Penggunaan mata uang rupiah NKRI sebagai satu-satunya mata uang alat pembayaran yang sah di wilayah Indonesia. Karena penggunaan mata uang asing tidak sejalan dengan semangat nasionalisme. Itu termasuk pidana dan dapat dikenakan sanksi atau hukuman.
2. Tanggung jawab Bank Indonesia sebagai otoritas yang menerbitkan dan mengedarkan uang rupiah, agar uang rupiah selalu tersedia dan dapat mencukupi kebutuhan transaksi rakyat Indonesia.
3. Pemenuhan syarat dalam fisik uang NKRI sesuai undang-undang mata uang Nomor 7 tahun 2011, diantaranya terdapat frasa NKRI
4. Rupiah harus dirawat dan dijaga oleh masyarakat Indonesia dengan baik, karena uang rupiah merupakan simbol kedaulatan negara. Masyarakat Indonesia perlu membuang jauh-jauh kebiasaan kurang baik, seperti mensteples, mencorat-coret atau melipat-lipat uang rupiah secara sembarangan.
5. Makna terakhir adalah terdapatnya gambar para pahlawan, yang disertai ciri khas kebudayaan daerah berbagai macam di Indonesia, selain sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan bangsa Indonesia juga untuk terus melestarikan kebudayaan khas daerah di Indonesia.

Uang baru rupiah tahun emisi 2016 telah diresmikan dengan jumlah 11 buah, yang terdiri atas tujuh uang rupiah pecahan kertas dan empat uang rupiah logam. Terdapat pula 12 gambar pahlawan nasional yang tercantum dalam uang NKRI tersebut sesuai dengan keputusan presiden nomor 31 tahun 2016 tentang penetapan gambar pahlawan nasional sebagai gambar utama pada bagian depan rupiah uang kertas dan uang logam rupiah NKRI.

Itulah beberapa makna yang terkandung didalam uang baru rupiah tahun emisi 2016. Semoga dengan mengetahui maknanya kita semakin bangga dan mencintai rupiah.

 

foto : kompas

(Visited 29 times, 1 visits today)