You are here
Home > Review > Klis Primary School Sekolah Bertaraf Internasional

Klis Primary School Sekolah Bertaraf Internasional

Sekolah Islam

Pendidikan bagi semua kalangan itu penting. Kita semua sudah banyak yang mengerti bahwa pentingnya pendidikan dimulai dari usia dini hingga dewasa, bahkan sampai tua pun kita harus tetap belajar supaya wawasan terus bertambah. Badan lembaga pendidikan di negeri ini umumnya lebih banyak menitikberatkan kepada pendidikan umum.

Sebagai mayoritas muslim, masyarakat Indonesia memiliki sifat ramah, berpengetahuan luas dan berprinsip ingin maju. KLIS ingin memajukan bangsa melaui pendidikan dan parenting. KLIS akan terus berkontribusi pada dunia pendidikan Islam di tingkat dasar dan menengah,” menurut Dato Radzi Saleh saat soft launching KLIS di K-Link Tower.

Knowledge Link Intercultural School (KLIS) Primary ini dibangun untuk menjawab permasalahan orangtua di Indonesia yang membutuhkan sekolah Islam berkualitas yang mampu membentuk generasi Qur’ani yang berwawasan multikultural, cinta perdamaian dan menjadi solusi di setiap bidang kehidupan.
Bisa dilihat Indonesia dengan penduduk keempat terbesar di dunia, pendidikan nya belum mencakup elemen tentang berwawasan global. Tidak bisa dihindarkan bahwa dunia pendidikan di Indonesia sedang mendapat sorotan dari berbagai kalangan, terutama soal kualitas pengajaran yang masih butuh banyak penyempurnaan dari segi kualitas dan proses pendidikan itu sendiri.

Bukan hanya hasil kualitas secara intelektual, namun juga yang terpenting mempunyai anak yang mampu memberikan kontribusi pada masyarakat. Apalagi Indonesia, negara muti kultural yang memiliki banyak aneka ragam budaya, sepatutnya bisa menghasilkan generasi muslim yang mempunyai daya pikir universal dan memiliki ketrampilan dan berkemampuan global juga mengedapankan akhlak. Karena itu, pembentukan generasi mulai dari parenting tingkat dasar pendidikan merupakan kebutuhan.

Untuk kurikulum berbasis international, Radzi Saleh menjelaskan KLIS Secondary menggunakan kurikulum Oxford AQA dan KLIS Primary menggunakan kurikulum Cambridge. “Oxford AQA International Examination yang telah teruji secara internasional ini nantinya akan diintegrasikan dengan kurikulum dan silabus di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan siswa yang lebih dinamis dan berkonteks budaya,” tegas Radzi Saleh.

Lulusan dari KLIS nantinya akan mendapat kesempatan melanjutkan ke sejumlah universitas Islam ternama di dunia. Kehadiran KLIS diharapkan dapat menjadi solusi pendidikan tepat, berkarakter multikultural, dan memiliki jiwa perdamaian. Islam yang damai, cerdas dan bagian dari solusi masa depan bangsa. Melalui sekolah ini KLIS berharap dapat melahirkan calon pemimpin bangsa yang berakhlak mulia dan punya sifat cinta damai.

Di acara tersebut juga hadir sebanyak 60 universitas anggota AIUA hadir dalam seminar tersebut, di antaranya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, University Sultan Azlan Shah, Madina Institute, Fatoni University, dan lainnya. Melalui seminar asosiasi universitas Islam Asia ini diharapkan dapat membantu seluruh anggota dalam memperkuat perguruan tingginya melalui kerjasama untuk mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik. “Pemikiran-pemikiran dari para cendekia-cendekia yang hadir pada seminar ini akan memberikan kita semua pemahaman baru mengenai tema-tema penting saat ini salah satunya peran Islam dalam mewujudkan perdamaian global,” tutup Radzi Saleh.

Ada tiga komposisi utama yang membentuk kurikulum KLIS Primary yaitu Cambridge Primary Framework sebagai dasar, pendidikan agama Islam dan kajian Al-Qu’ran yang dilakukan secara konsisten dan memberikan porsi khusus pada pelajaran yang di Ujian Nasioanlkan. Sistem KLIS memungkinkan sekolah untuk secara terus menerus menilai performance siswa dan menyesuaikan dengan kebutuhan siswa didik.

Tingkat keberhasilan siswa dinilai secara komprehensif diambil dari :
1. Progression Test (penilaian yang dilakukan oleh guru KLIS per mata pelajaran)
2. Checkpoint Tests (penilaian yang dilakukan Cambridge international Examiners.

KLIS akan melakukan Junior Al Hafeez Test (minimum 2 juz) dan UASBN – Ujian Nasional. Klis primary School juga dilengkapi fasilitas lengkap seperti kolam renang, lapangan sepak bola mini soccer, laboratorium computer, studio musik dan yang lainnya.

Semoga dengan adanya klis primary School, akan dapat menghadirkan pemimpin-pemimpin Islam masa depan yang berakhlak baik, berwawasan global dan mapu menghadirkan solusi permasalahan di dunia.

(Visited 38 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top