gambar uang cut meutia

Lebih Tau Nama Pahlawan Nasional di Uang Rupiah Baru

Bank Indonesia selaku badan bank tertinggi di Indonesia meluncurkan uang rupiah baru tahun emisi 2016. Dari sebelas pecahan yang terdiri dari 7 lembar uang kertas, dan 4 pecahan uang logam seluruhnya menampilkan wajah tokoh pahlawan nasional. Dari 11 tokoh pahlawan tersebut apakah Anda sudah tau nama dan kenal dengan mereka?. Berikut profil singkat para tokoh pahlawan di uang rupiah baru tahun emisi 2016.

  1. Pahlawan nasional Cut Meutia , terdapat pada uang rupiah emisi tahun 2016  jenis kertas pecahan 1000 rupiah

Cut Mutia lahir di Keureutoe , Pirak aceh utara pada 1870. Salah satu pahlawan dari Aceh ini melakukan perlawanan terhadap belanda bersama suaminya Teuku Muhammad atau Teuku Tjik Tunong. perjuangan melawan penjajah dilakukan bersama-sama walaupun hanya dengan sisa sisa pasukannya. Ia menyerang dan merampas pos-pos kolonial sambil bergerak menuju Gayo melewati Hutan belantara.

2. Pahlawan Nasional Dr. K.H Idham Chalid, terdapat pada uang jenis kertas pecahan 5000 rupiah.

Dr. K.H Idham Chalid lahir di Satui, Kalimantan Selatan pada 27 Agustus 1921 dan Beliau wafat di Jakarta pada tanggal 11 Juli 2010 pada usia 88 tahun. Ia adalah salah satu politisi Indonesia yang berpengaruh pada masanya. Ia pernah menjabat sebagai wakil perdana menteri Indonesia pada kabinet Ali Sastroamidjojo II dan kabinet Djuanda dan juga ketua Majelis Permusyaratan Rakyat Republik Indonesia  ke-4.

3. Pahlawan Nasional Mohammad Hoesni Thamrin terdapat pada uang jenis pecahan 2000 rupiah.

Muhammad Husni Thamrin lahir di Jakarta pada 16 Februari 1894 dan meninggal di Jakarta pada 11 Januari 1961 pada umur 46 tahun, ia merupakan seorang politisi era Hindia Belanda yang dianugerahi gelar pahlawan nasional Indonesi4.

4. Pahlawan Nasional Dr Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta, terdapat pada uang jenis kertas 100.000 rupiah

Soekarno lahir di Surabaya Jawa Timur 6 Juni 1901, lahir dengan nama Koesno Sosrodihardjo . Beliau meninggal pada usia 69 tahun di Jakarta. Meninggal pada 21 Juni 1970 Presiden Indonesia pertama ini mendapat julukan Bapak Proklamator, beliau memainkan peranan penting dalam memerdekakan Indonesia dari penjajahan Belanda. Sedangkan Mohammad Hatta , biasa dipanggil Bung Hatta. beliau lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat pada 12 Agustus 1902 dan wafat  pada 14 Maret 1980. Bung Hatta merupakan Negarawan, Pejuang, Ekonom dan juga wakil presiden yang pertama.

(Visited 9 times, 1 visits today)