Klis Primary School

Mendidik Anak dijaman digital bersama KLIS dan Ustadz Abdul Somad

Saat menikah dan kemudian dianugerahi memiliki seorang anak; seharusnya kita juga harus mempersiapkan konsep seperti apa yang hendak kita terapkan dalam mendidik anak kita kelak, karena mendidik anak dalam Islam memiliki tata cara dan aturan tersendiri.

Di dalam Islam, anak memiliki kedudukan tersendiri yang harus kita jadikan pegangan dalam memilih model/cara mendidik anak yang akan kita lakukan. Beruntung kami diundang oleh KLIS Primary School, sekolah dengan misi di Knowledge Link Intercultural School adalah untuk menerapkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Islam yang benar dikombinasikan dengan standar pendidikan internasional yang tidak ada duanya. Acara dimulai dengan pembacaan Al Quran dilanjutkan dengan tausiah Ustadz Abdul Somad Lc.Ma.

Tausiah yang berisikan untuk belajar betapa penting nya parenting bagi anak Indonesia. Pak Ustadz Abdul Somad menceritakan bagaimana mendidik anak di jaman yang serba instan ini. Beliau menuturkan jika ingin anak di didik dengan baik, dimulai dari memilih IBU yang baik. Ibu yang baik akan menentukan kualitas anak, juga ada peran ayah yang selalu menjaga dan melindungi.

Klis Primary School

Mendidik anak dalam Islam harus didasarkan pada petunjuk dari Allah, yaitu Al-Quran, karena Al-Qur’an tidak hanya membahas tentang kewajiban anak kepada orang tua, namun juga kewajiban orang tua kepada anaknya. Berikut ini adalah pandangan Al-Quran tentang anak, yang perlu kita ketahui dalam mendidik anak, menurut Ustadz Abdul Somad

1. Anak sebagai Amanah bagi Orangtuanya
Selayaknya para bijak mengatakan bahwa sesungguhnya anak-anak bukanlah milik kita; mereka adalah titipan dari Allah kepada kita. Untuk itu sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk mendidik anak sesuai dengan yang telah Allah perintahkan. Jadi, adalah kesalahan bagi orang tua apabila seorang anak jauh dari ajaran Islam.

2. Anak sebagai Generasi Penerus
Anak adalah harapan di masa depan; merekalah kelak yang akan menjadi pengaman dan pelopor masa depan agama dan bangsa. Jadi wajib bagi kita mendidik mereka untuk menjadi generasi tangguh di masa depan. Lebih jauh, Allah memerintahkan kita sebagai orang tua untuk menjauhkan mreeka dari api neraka kelak.

3. Anak adalah Tabungan Amal Kita di Akhirat
Seperti telah kita tahu, bahwa selain amal kita di dunia, sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak yang saleh merupakan amalan yang pahalanya akan terus mengalir hingga hari penghitungan kelak. Jadi, mendidik anak sesuai perintah Allah tetaplah merupakan keuntungan bagi diri kita juga pada akhirnya.

4. Anak adalah Penghiburan dan Perhiasan Dunia bagi Orang Tuanya
Anak adalah perhiasan bagi orang tua. Di satu sisi, ia akan menjadi penghibur di kala lelah dan kesusahan melanda, namun di satu sisi, ia juga dapat menggelincirkan dari jalan Allah.

Acara terasa sangat cepat, karena selain tausiah ustadz Abdul Somad yang begitu mencerahkan, sekolah KLIS Primary School ini juga terasa nyaman untuk anak-anak. Sekolah yang berlokasi di babakan madang sentul Bogor ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern. Kolam renang, taman bermain, lapangan mini soccer, juga laboratorium. Padahal ini baru sekolah tingkat dasar saja, sungguh tidak menyesal hadir di acara special ini.

Semoga KLIS Primary school bisa melahirkan generasi-generasi penerus bangsa yang berintregritas dan berakhlak mulia.

(Visited 13 times, 1 visits today)