Wujud asli pemandangan alam yang tergambar di uang kertas rupiah #CintaRupiah

Cinta Rupiah – Mata uang rupiah sering kali mengalami perubahan sejak zaman dulu. Kalo kamu perhatikan lebih seksama, kebanyakan uang Indonesia, khususnya uang kertas, banyak yang menggambarkan tempat-tempat yang menjadi ciri khas daerah tertentu di Indonesia. Ada dimana aja sih? Yuk kita simak uraian di bawah ini.

1. Pecahan 1000 rupiah cetakan tahun 1992 Gambar Danau Toba ada di pecahan uang kertas Rp. 1.000 cetakan tahun 1992. Danau vulkanik yang merupakan danau terluas di Indonesia ini merupakan landmark khas Provinsi Sumatera Utara.

2. Pecahan 5000 rupiah cetakan tahun 1992 Danau Kelimutu punya 3 buah kawah di puncaknya dan dikenal juga dengan nama Danau Tiga Warna. Kelimutu berasal dari kata “keli” yang artinya gunung dan “mutu” yang artinya mendidih. Danau yang terletak di puncak gunung Kalimutu, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur ini memang terkenal memiliki pemandangan yang indah karena bisa berubah-ubah warna dengan sendirinya. Warna yang terlihat biasanya merah, biru, dan putih. Namun warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

3. Pecahan 10000 rupiah cetakan tahun 1998 Keindahan alam Gunung Rinjani terdapat pada gambar mata uang pecahan 10.000 rupiah versi lawas. Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Di sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera dengan luas sekitar 3.500m x 4.800m, memanjang kearah timur anda barat. Di kaldera ini terdapat Segara Anak (segara= laut) seluas 11.000.000m persegi dengan kedalaman 230m.

4. Pecahan 50000 cetakan tahun 2005 Pura Ulun Danu Bratan yang terletak di Bali memang sudah tidak asing lagi. Gambaran keindahannya dapat dilihat pada pecahan uang Rp 50.000. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata populer di Bali selain karena keindahannya juga letaknya yang relatif mudah untuk wisatawan jangkau. Lokasinya berada di Kabupaten Tabanan, di bagian tengah Pulau Bali, Pura dan bersanding dengan kecantikan dan kesejukan Danau Bratan

 

Jadi, makin tahu dan ngeh kan tentang pemandangan alam Indonesia yang ada di uang kertas rupiah kita. Kita semakin Cinta rupiah kan ?

 

foto handy F

(Visited 35 times, 1 visits today)